.

.
Home » » Departemen Agama RI Gelar Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009

Departemen Agama RI Gelar Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009

Written By Sambadha Scouting Movement on Senin, 10 Agustus 2009 | 04.27

Jakarta,12/6 (Pinmas)--Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009 yang akan diikuti oleh 5.923 santri dari seluruh Indonesia akan digelar di bumi perkemahan Letjen Mashudi Sumedang, Jawa Barat 15-20 Juni 2009. Hal itu dikemukakan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Mohammad Ali dalam keterangan pers kegiatan tersebut di Dep.Agama, Jumat (12/6).

Menurut Mohammad Ali, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para santri dalam mendorong dan menumbuhkembangkan kesadaran bela negara,menolong sesama dan ikut serta membangun masyarakat."Kita berharap kegiatan ini dapat menggalang persaudaraan, menambah pengalaman, pengetahuan, ketrampilan dan meningkatkan pengabdian masyarakat,"ujarnya.

Mohammad Ali menjelaskan, pondok pesantren merespon revitalisasi gerakan pramuka dengan berbagai cara, tidak hanya merespon dalam bentuk pembinaan regular pada masing-masing satuan pendidikan, tapi juga aktif berpartispasi pada event kepramukaan tingkat lokal, nasional dan internasional.

Dalam hal bela Negara, kata Dirjen Mohammad Ali, kegiatan ini berupaya mendorong dan menumbuhkembangkan kesadaran para santri pramuka untuk mempertahankan keutuhan, kesatuan dan keberadaan Negara Republik Indonesia.

Dirjen Pendis Moh.Ali memaparkan manfaat dari kegiatan ini, antara lain meningkatkan minat baca melalui bakti sosial sumbangan buku, meningkatkan kesadaran pentingnya melestarikan lingkungan, meningkatkan jiwa agribisnis di kalangan santri, meningkatkan komunikasi, sosialisasi, publikasi dan penyiaran agama Islam melalui hibah perangkat radio penyiaran, dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Ketua Panitia Pelaksana Pekerkemahan Pramukan Santri Nusantara yang juga Direktur Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H.Choirul Fuad Yusuf menambahkan, selain kegiatan kepramukaan, peserta perkemahan akan mengadakan parade semaphore terpanjang yang mengandung pesan-pesan santri tentang pentingnya meneguhkan komitmen membangun nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, persatuan, perdamaian dan humanitas.

Choirul Fuad berharap, parade semapore ini dapat tercatat pada rekor MURI karena akan diikuti oleh seluruh kontingen pramuka santri se Indonesia dan pramuka santri penggembira se propinsi Jawa Barat.

Dalam kegiatan perkemahan pramuka santri nusantara ini, kata Choirul Fuad, para santri juga akan mengadakan ekspose sains dan teknologi, ekspose seni dan budaya, penanaman pohon Bhineka Tunggal Ika, dan seminar nasional bertema "Revitalisasi Gerakan Pramuka di Pondok Pesantren."

Perkemahan ini juga akan diikuti oleh 20 peserta luar negeri yang berasal dari Malaysia, Brunei Darusalam, Singapore, Thailand dan Amerika Serikat.(ts) . sumber : depag online.

0 komentar: