.

.
Home » » Arti Pramuka Bagi Kemerdekaan NKRI

Arti Pramuka Bagi Kemerdekaan NKRI

Written By Sambadha Scouting Movement on Sabtu, 21 Agustus 2010 | 23.37

Pramuka sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda karena memang belanda lah yang membawa kegiatan spektakuler n bombastis ini ke tanah air bumi Ibu Pertiwi ini... dan kebijakan kolonial belanda yang membawa kepanduan ini adalah salah satu kebijakan terburuk dan terbodoh yang di lakukan pemerintahan kolonial Belanda selama menjajah 350 tahun di Indonesia. karena Dengan lahirnya gerakan kepanduan di Indonesia ini melahirkan semangat juang pemuda Indonesia dan juga semangat persatuan dan Nasionalisme.
Gerakan kepanduan yang dibawa pemerintah Belanda bernama NIPV (nederland Indische Padvinder Vereeniging). Semakin terkenalnya gerakan padvinder ini banyak di buat kegiatan serupa di berbagai daerah layaknya jamur di musim hujan. Diantaranya JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon). Ketakutan Pemerintahan kolonial belanda atas kegiatan padvinder ini terlihat jelas karena mereka melarang penggunaan kata PADVINDER dalam organisasi pemuda di semua daerah Indonesia ini.
karena peraturan itu maka K.H Agus Salim mengganti nama menjadi pandu atau kepanduan. gerakan ini pun berkembang pesat di berbagai daerah di negara bhineka tunggal ika kita ini. diantaranya
PK (Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia) yang berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia) pada tahun 1938.
Dan saat pemerintahan kolonial kalah oleh jepang. dan gerakan kepanduan di Indonesia dilarang sehingga banyak tokoh kepanduan yang masuk menjadi bagian dalam organisasi jepang seperti PETA dan keibondan.
maka dari itu sebenarnya pemegan peran penting kemerdekaan Indonesia Adalah berkat manusia maanusia biasa yang mengikuti gerakan Kepanduan atau kepramukaan.

By ; ka bayu nomaden lona

0 komentar: